BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Pages

Wednesday, April 4, 2012

Apa itu Vertigo

Kata ‘vertigo’ dari Bahasa Latin “vertere” artinya memutar. Nama ini diberikan kepada orang yang merasa dunia di sekitarnya berputar sehingga kehilangan keseimbangan. Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Umumnya vertigo yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan gangguan keseimbangan atau istilah kedokterannya disebut vertibular. Dalam kasus ini penderita tidak merasa pusing jika ia duduk atau berdiri. Tetapi perubahan posisi, misalnya seperti tidur terlentang kemudian miring ke sisi yang terganggu maka di situlah muncul serangan vertigo tersebut. Tidak hanya itu, gerakan kepala atau badan juga mampu merangsang munculnya serangan vertigo, yaitu seperti gerakan ke belakang dan ke depan. Vertigo ringan biasanya hanya berlangsung beberapa detik.

Keluhan atau Penyakit?

Pada dasarnya vertigo merupakan keluhan, bukan penyakit, namun keluhan ini bisa menjadi pertanda penyakit yang serius. Meskipun bukan penyakit, vertigo tidak boleh disepelekan, bisa jadi merupakan pertanda penyakit-penyakit seperti tumor otak, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes mellitus (kencing manis), jantung dan ginjal..Gejala vertigo adalah pusing yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari gejala yang ringan hingga berat.

Vertigo biasanya ditandai dengan rasa pusing seperti kepala berputar dan penglihatan terbalik. Akibatnya penderita mengalami rasa pusing yang sangat dan tidak akan mampu bangun karena rasa pusingnya. Lalu apa yang menyebabkan pusing? Pusing merupakan gejala umum yang berkaitan dengan berbagai gangguan. Penyebab rasa pusing bisa saja berkaitan dengan sistem syaraf, tetapi bisa berasal dari THT, jantung, mata bahkan secara kejiwaan. Bagaimanapun juga keluhan pusing itu baik ringan atau berat, sebaiknya dievaluasi secara teliti agar jelas sumber dan penyebabnya sehingga memudahkan pengobatan atau penanganan yang optimal. Semakin dini vertigo ditangani akan semakin cepat dapat diatasi.
Petikan ini di ambil d http://mutiarafm.com/component/content/article/49-mutiara-health/128-apa-itu-vertigo--.html (credit pnuh utknye)

0 comments: